Panduan Cara Pinjam Uang Online yang Aman dan Langsung Cair

Wajib Tahu, Ini Dia Panduan Cara Pinjam Uang Online yang Aman dan Langsung Cair

Panduan Cara Pinjam Uang Online yang Aman dan Langsung Cair

Keberadaan aplikasi financial technology alias fintech (fintek) yang semakin menjamur saat ini memang bisa jadi solusi buat kamu yang butuh dana darurat dalam kondisi terdesak. Soalnya, berbagai aplikasi fintek menawarkan layanan pinjaman online atau pinjol yang lebih praktis dengan cara pinjam uang online yang lebih mudah.

Dengan mengajukan pinjaman online, kamu hanya butuh persyaratan yang jauh lebih ringkas dibandingkan dengan jika kamu meminjam uang dari bank. Secara umum, syarat yang dibutuhkan untuk pinjam uang online non bank adalah foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP-mu.

Bukan hanya itu saja, proses pemrosesan pengajuan pinjaman sampai pencairan dananya juga jauh lebih singkat. Kalau pinjaman uang di bank butuh waktu beberapa hari untuk diproses sampai cair, pinjaman uang lewat aplikasi pinjam uang online malah bisa cair hanya dalam hitungan jam.

Karena kepraktisan dan kecepatannya, tak heran kalau aplikasi fintek jadi solusi yang dipilih saat seseorang sedang menghadapi kondisi mendesak. Ditambah banyaknya pilihan aplikasi fintek yang beredar sekarang ini, kamu tentu bisa dapatkan dana darurat dengan lebih mudah dan cepat.

Kalau begitu, bagaimana sih cara pinjam uang online dan apa saja persyaratannya? Buat kamu yang baru sekali ini akan mengajukan pinjol, yuk simak dulu panduan cara mengajukan pinjaman online berikut ini! Selamat membaca!

Panduan Cara Pinjam Uang Online

12Cara Pinjaman Uang Online

  1. Kelengkapan dan keaslian data.

Meskipun persyaratan pinjam uang online memang jauh lebih ringkas daripada persyaratan pengajuan pinjaman uang di bank, kamu tetap perlu mempersiapkan beberapa data dan dokumen, ya!

Karena itu, pastikan bahwa kamu mencari informasi apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjol, dan baca semua informasinya dengan cermat. Dengan begitu, kamu bisa persiapkan semua data dan dokumen dengan lengkap sehingga tidak ada yang terlewat.

Oh iya, pastikan pula bahwa kamu juga menyiapkan dokumen yang asli, ya! Meskipun bukan berarti kamu diharuskan untuk mengirim dokumen asli ke kantor aplikasi fintek, foto dokumen yang kamu kirim adalah foto yang asli. Misalnya, KTP yang dipakai adalah KTP-mu, dan bukan KTP orang lain. Dan nominal gaji yang kamu cantumkan harus benar-benar sesuai dengan gajimu.

  1. KTP, NPWP, dan slip gaji.

Beberapa data dan dokumen utama yang selalu dibutuhkan sebagai bagian dari proses pinjam uang online adalah KTP, NPWP, dan slip gaji.

  • KTP

Sebagai WNI, tentunya kamu harus punya KTP. Dokumen ini diperlukan untuk memastikan bahwa kamu memang seorang WNI, karena platform pinjol yang berkedudukan di Indonesia umumnya hanya menyediakan fasilitas pinjaman kepada WNI.

Di samping itu, data KTP juga dibutuhkan untuk mengecek kalau usiamu sesuai persyaratan aplikasi fintek, dan tentunya untuk meng-input data identitas dirimu seperti nama, tanggal lahir, dan alamat.

Biasanya, aplikasi fintek membatasi usia minimal 21 tahun dan usia maksimal berkisar antara 55-60 tahun, bergantung kebijakan masing-masing aplikasi. Batas usia minimal ini ditentukan dengan pertimbangan batas usia dewasa yang sudah cakap bertindak secara hukum. Sedangkan batasan usia maksimal umumnya didasarkan pada usia harapan hidup rata-rata di Indonesia maupun batas usia pensiun bagi pegawai.

  • NPWP

Selain KTP, aplikasi fintek juga biasanya mensyaratkan NPWP sebagai salah satu dokumen yang harus disertakan. Kepemilikan NPWP ini sebagai tanda bukti wajib pajak, yang sekarang sudah diwajibkan. Di samping itu, dengan menyertakan NPWP, nantinya pinjaman online yang kamu ajukan dan terima bisa direkam di database pemerintah.

  • Slip gaji.

Dokumen berikutnya adalah slip gaji. Sesuai dengan namanya, slip gaji jadi bukti berapa besar gaji yang kamu terima setiap bulannya. Biasanya, aplikasi pinjam uang online terbaik akan menggunakan data ini sebagai acuan untuk menentukan berapa limit pinjaman yang bisa kamu ajukan. Soalnya, limit-nya ditentukan berdasarkan kemampuanmu membayar cicilan pinjaman (gaji).

Baca Juga   Siapa Bilang Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Hanya Untuk Nasabah Saja? Nikmati Kemudahan Bersama Mandiri

Bagaimana kalau kamu hanya punya KTP saja? Atau KTP dan slip gaji saja? Dalam hal ini, masih ada beberapa cara pinjam uang online yang perlu kamu lakukan, namun detailnya biasanya berbeda dari satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Jadi, kamu bisa pastikan langsung dengan aplikasi fintek pilihanmu untuk info detailnya, ya!

  1. Scan dan upload data dan dokumen lewat aplikasi.

Karena kamu akan pinjam uang online cepat lewat aplikasi, seluruh data dan dokumen perlu kamu input lewat aplikasi fintek yang kamu pilih. Nah, inilah salah satu keuntungan pinjam uang secara online lewat aplikasi karena kamu tak perlu repot fotokopi atau menge-print dokumen. Dengan begitu, proses pendaftaran dan pengajuan bisa kamu lakukan sendiri dari rumah, kan?

  1. Punya riwayat pinjaman yang bagus.

Ketika ada temanmu yang ingin meminjam uang darimu, tentu kamu tidak akan langsung memberikan uang, kan? Karena kalau ternyata temanmu itu sudah berkali-kali pinjam uang dan sering menunda-nunda cicilan atau susah untuk mengembalikan uang, jelas kamu akan ragu untuk meminjamkan uang, walaupun temanmu bilang kalau dia sedang dalam kondisi terdesak.

Nah, pertimbangan yang sama juga dimiliki oleh pihak aplikasi fintek, lho! Kalau ternyata kamu punya tunggakan pinjaman, pengajuan pinjamanmu jelas akan ditolak. Tapi, lain cerita kalau kamu punya riwayat rajin membayar dan melunasi pinjaman tepat pada waktunya. Karena itu, kalau kamu ingin pinjam uang online yang pasti cair, pastikan kamu punya riwayat pinjaman yang baik.

Inilah salah satu alasan mengapa dokumen seperti KTP dan NPWP dibutuhkan sebagai salah satu cara pinjam uang online yang wajib ada. Soalnya, data seperti nomor KTP dan NPWP digunakan sebagai data untuk melacak riwayat pinjamanmu selama ini.

  1. Alamat domisili berada dalam wilayah layanan yang dijangkau aplikasi fintek.

Seperti yang sudah kamu ketahui, alamat yang tertera di KTP tidak selalu sama dengan alamat domisilimu saat ini. Buat kamu yang merantau ke luar kota, provinsi, sampai luar pulau, kamu juga perlu mencantumkan data alamat domisili atau kedudukan tempat tinggalmu saat ini sebagai salah satu syarat pinjam uang online.

Tujuannya adalah agar perusahaan aplikasi fintek bisa memastikan kalau domisilimu sekarang berada di dalam jangkauan layanan pinjaman. Kalau alamat domisilimu masih berada di dalam wilayah yang dijangkau oleh layanan pinjaman aplikasi fintek, peluang pengajuan pinjolmu diterima dan bisa cair pun makin besar.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena aplikasi fintek yang legal dan terpercaya secara umum melayani pengguna di seluruh Indonesia, kok. Meski begitu, kamu tetap harus mencantumkan alamat domisili yang benar, ya!

  1. Nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah nomor telepon atau HP yang kamu cantumkan saat mendaftar dan mengajukan pinjaman online. Kalau kamu akan pinjam uang online langsung transfer, pastikan bahwa nomor yang kamu masukkan adalah nomor telepon atau HP yang aktif sehingga bisa dihubungi.

Karena cara pinjam uang online yang dilakukan lewat aplikasi, biasanya proses pengajuan pinjaman perlu kamu verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor HP-mu. Baru setelah itu, pengajuan pinjaman bisa kamu submit ke sistem milik aplikasi fintek untuk diproses lebih lanjut.

Nah, bayangkan kalau kamu malas memasukkan nomor HP-mu dan kamu memilih meng-input nomor HP asal-asalan? Yang ada nanti kamu malah tidak bisa mengajukan pinjaman online sama sekali. Bahkan, kamu bisa jadi juga tidak akan bisa mengakses aplikasi fintek yang kamu gunakan, lho!

  1. Pastikan nomor kontak darurat juga aktif dan bisa dihubungi.

Selain nomor HP-mu sendiri, aplikasi fintek juga mensyaratkan data nomor kontak darurat ketika kamu mendaftar dan mengajukan pinjaman online. Kamu bisa bebas masukkan nomor siapapun, seperti suami/istri, anak, saudara, atau sahabat. Tapi, pastikan kamu sudah mendapatkan izin dari pemilik nomor, ya!

Di samping itu, nomor kontak darurat yang kamu input juga harus aktif dan bisa dihubungi. Karena tanpa adanya nomor kontak darurat, pinjamanmu tidak akan diproses sama sekali meskipun kamu sudah memasukkan nomor HP-mu sendiri yang aktif.

Nomor kontak darurat ini dibutuhkan oleh aplikasi fintek sebagai alternatif apabila nantinya ada risiko pembayaran cicilan terlambat sehingga terjadi tunggakan, dan nomormu tidak bisa dihubungi. Dengan begitu, pihak aplikasi fintek akan menghubungi nomor tersebut.

Baca Juga   Siapa Bilang Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Hanya Untuk Nasabah Saja? Nikmati Kemudahan Bersama Mandiri

Akan tetapi, kalau kamu rutin dan rajin membayar cicilan tepat waktu, tentu kamu maupun siapapun yang menjadi kontak daruratmu sama sekali tak perlu khawatir. Oleh karena itu, apapun platform aplikasi fintek yang kamu pilih untuk pinjam uang online 24 jam, pastikan kamu selalu bayar tepat waktu, ya!

  1. Ajukan pinjaman sesuai kemampuan membayar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, limit pinjamanmu di aplikasi fintek ditentukan oleh kemampuanmu membayar alias penghasilan yang kamu dapatkan tiap bulannya. Jadi, pada dasarnya perusahaan fintek memperhitungkan bahwa kamu sanggup membayar cicilan selama besar pinjamanmu berada pada kisaran limit yang sudah ditentukan.

Meski demikian, kondisi di dunia nyata tidak selalu sama. Soalnya, mungkin limit-mu cukup tinggi (misalnya Rp 10 juta) karena gajimu cukup besar, tapi kamu punya tanggungan pasangan-anak serta orang tua sehingga pengeluaran bulananmu tentu besar.

Perhitungkan dengan cermat berapa sebenarnya besar dana yang bisa kamu alokasikan untuk membayar cicilan tiap bulannya sebelum kamu pinjam uang online tanpa jaminan lewat aplikasi fintek. Meskipun kamu punya limit tinggi, bukan berarti seluruh limit bisa kamu habiskan, lho! Kalau kamu tidak cermat memperhitungkan kondisi finansialmu sendiri, pinjol yang seharusnya meringankan bebanmu malah bisa jadi penyebab keuanganmu ambruk.

Oleh karena itu, ajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan dan kondisi finansialmu, ya! Dan tentunya, ajukan pinjaman hanya dalam kondisi darurat saja, misal untuk keperluan penting seperti pengobatan, renovasi rumah, dan sebagainya. Hindari meminjam uang hanya untuk jajan dan nongkrong.

  1. Rekening bank atas nama pribadi.

Alasan utama mengapa pinjam uang online langsung cair adalah karena dana langsung ditransfer ke rekeningmu. Lagipula, bagaimana lagi caranya agar dana pinjaman bisa kamu terima kalau tidak melalui transfer ke rekening, kan?

Oleh karena itu, menyertakan data nomor rekening adalah salah satu cara pinjam uang online yang harus kamu lakukan, ya! Tak hanya itu saja, nomor rekening yang kamu cantumkan juga adalah nomor rekening atas nama pribadimu sendiri. Jadi bukan nomor rekening kakak, adik, orang tua, apalagi nomor rekening kantor atau bisnismu.

  1. Gunakan fitur simulasi pinjaman.

Meskipun kamu pinjam uang online bunga rendah sekalipun, tetap saja ada bunga yang dikenakan pada pinjamanmu dan perlu dibayar bersama dengan cicilan bulanan, kan? Nah, buat kamu yang baru kali ini akan mengajukan pinjaman online, kamu mungkin kebingungan dalam menghitung berapa sih besar cicilan yang perlu kamu bayar tiap bulannya plus bunga.

Untungnya, aplikasi fintek biasanya sudah menyediakan fitur simulasi pinjaman untuk membantumu menghitung berapa cicilan yang perlu kamu bayar. Kamu hanya perlu buka aplikasinya lalu cari menu fitur simulasi pinjaman ini. Kemudian masukkan nominal pinjaman yang akan kamu ambil. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan simulasi cicilan per bulan berdasarkan tenor yang berbeda-beda untuk nominal pinjaman yang akan kamu ambil.

Memang benar bahwa simulasi pinjaman ini bukan langkah wajib cara pinjam uang online. Meski begitu, fitur ini akan sangat membantumu dalam menentukan berapa tenor pinjaman yang paling pas sesuai dengan kemampuan serta kondisi finansialmu, sebagaimana yang sudah dijelaskan pada poin nomor 8 di atas.

  1. Berikan persetujuan untuk memberikan informasi data diri.

Kalau kamu tidak bersedia atau tidak setuju untuk memberikan informasi data diri kepada aplikasi fintek, pinjamanmu tidak akan bisa diproses. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir selama kamu memilih aplikasi pinjam uang online terpercaya yang resmi atau legal.

Aplikasi fintek yang resmi adalah aplikasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, aplikasi fintek legal pasti tunduk dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Salah satunya adalah batasan bunga pinjaman hingga keamanan data nasabah.

Oleh karena itu, pastikan sejak awal bahwa aplikasi fintek yang akan kamu pilih adalah aplikasi yang resmi. Kamu bisa cek daftarnya langsung di website OJK untuk data lengkap daftar aplikasi legal sampai yang ilegal. Dengan begitu, keamanan datamu lebih terjamin dan kamu tak perlu ragu untuk menyerahkan informasi pribadimu ketika akan mengajukan pinjaman online nantinya.

  1. Bersedia membayar denda jika cicilan terlambat.

Dalam hal pinjaman, termasuk pinjaman online, adanya denda adalah hal yang wajar pada saat terjadi keterlambatan pembayaran cicilan. Besar dendanya bervariasi, tapi ketentuannya sudah diatur oleh OJK dan tertera dalam perjanjian pinjaman.

Baca Juga   Cara Pengajuan Kartu Kredit Online Secara Cepat Dan Mudah

Pada saat kamu mengajukan pinjaman di awal, kamu juga harus setuju bahwa kamu harus membayar denda plus cicilan yang tertunggak. Dengan menyetujui, kamu dan pihak aplikasi fintek akan sama-sama terikat dengan hak dan kewajiban yang tertuang di dalam perjanjian atau kontrak pinjaman online.

Sebagai peminjam, salah satu kewajibanmu adalah membayar cicilan tepat waktu. Dan jika pembayaran terlambat, kamu wajib membayar denda sesuai yang telah disepakati. Tapi, hakmu juga untuk mendapatkan perlakuan baik dari pihak kreditur atau aplikasi fintek.

Inilah salah satu alasan mengapa kamu perlu memilih aplikasi pinjol yang legal. Sebab, aplikasi fintek yang resmi pasti tidak akan mengubah deadline pembayaran cicilan secara sepihak. Dan jika terjadi keterlambatan pembayaran sekalipun, pihak kreditur hanya akan mengenakan denda sesuai yang disepakati.

Ditambah lagi, aplikasi fintek resmi tidak akan bertindak kasar atau melakukan perbuatan tidak menyenangkan kepada nasabah. Tentu hal ini berbanding terbalik dengan cara pinjam uang online cepat lewat aplikasi abal-abal yang tidak jelas, kan?

Tips Aman Pinjam Uang Online

Secara garis besar, ulasan di atas membahas soal panduan cara pinjam uang online yang perlu kamu perhatikan dan lakukan mulai dari ketika kamu mendaftar hingga mengajukan pinjaman lewat aplikasi fintek.

Nah, untuk berikutnya, ada beberapa tips pinjam uang online untuk membantumu memastikan bahwa kamu memilih aplikasi fintek yang benar-benar aman dan legal untuk kenyamanan serta ketenangan hatimu. Apa saja ya tipsnya?

  • Pilih aplikasi legal yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sekali lagi, penting untuk memastikan sejak awal bahwa aplikasi pinjol yang kamu pilih dan akan gunakan adalah aplikasi resmi dan legal yang sudah terdaftar, diawasi, dan mengantongi izin dari OJK. Dengan begitu, kamu tidak akan dirugikan sebagai nasabah dan peminjam. Soalnya, aplikasi legal yang terdaftar OJK pasti mengikuti aturan yang berlaku, seperti cara penagihan hingga besar bunga pinjaman.

  • Baca kontrak perjanjian dengan cermat dan pahami isinya.

Kalau kamu sudah mantap aplikasi fintek yang kamu pakai memang legal, kamu bisa lanjutkan dengan mengajukan pinjaman. Nah, ketika kamu mengajukan pinjaman, kamu akan mendapatkan kontrak perjanjian pinjaman. Hanya saja, bentuknya digital dan bisa dibaca langsung dari aplikasi.

Walaupun panjang, pastikan kamu baca isi kontrak perjanjian dengan teliti dan pahami isinya dengan baik. Soalnya, di dalam kontrak terdapat berbagai informasi penting yang harus kamu ketahui sebagai peminjam, seperti ketentuan pinjaman, besar bunga, denda pinjaman, tanggal jatuh tempo cicilan, hingga cara penagihan yang dilakukan pihak aplikasi saat jatuh tempo.

  • Sesuaikan pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan.

Meskipun pinjol memang sangat praktis dan mudah, jangan sampai kamu terlena dengan segala kenyamanannya, ya. Sekali lagi, ingat bahwa kamu perlu mengajukan pinjaman sesuai dengan kondisi hingga kemampuan finansialmu. Hindari juga kebiasaan meminjam uang untuk hal-hal yang bersifat konsumtif, seperti jajan, nongkrong, dan belanja.

  • Bayar cicilan tepat waktu.

Dan pastinya, kamu perlu bayar cicilan tepat pada waktunya setiap bulan. Tentu saja cara pinjam uang online ini wajib kamu lakukan agar kamu terbebas dari denda. Di samping itu, membayar cicilan tepat waktu juga akan membantu menjaga riwayat kreditmu agar selalu bersih.

Ketika kamu punya pinjaman, kamu perlu prioritaskan pembayaran cicilan sebagai salah satu kebutuhan pokok – itulah mengapa pinjaman juga disebut sebagai kewajiban. Jadi, dahulukan pembayaran cicilan dibandingkan pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, apalagi tersier, ya!

Kalau riwayat kreditmu baik, bukan tak mungkin limit pinjamanmu akan ditambah. Dan jika nantinya kamu butuh dana darurat lagi, pinjamanmu bisa cair dengan lebih cepat. Soalnya, kamu dipandang memiliki reputasi yang baik dan bisa dipercaya oleh perusahaan aplikasi pinjol untuk membayar cicilan tepat waktu sampai lunas.

Kesimpulan

Cara pinjam uang online saat ini memang jauh lebih mudah, cepat, dan praktis, terutama jika dibandingkan dengan cara pinjam uang secara konvensional lewat bank atau lembaga pemberi pinjaman lainnya. Oleh karena itu, tak heran banyak orang yang kemudian lebih memilih alternatif ini sebagai solusi dan penolong di kala mendesak dan darurat.

Lewat panduan cara pinjam uang online serta tips pengajuan pinjol di atas, semoga informasi yang Anda terima bisa bantu Anda jadi lebih cermat dalam menggunakan platform ini, ya!

Disclaimer:

Tulisan ini bersifat informasi dan edukasi. Keputusan melakukan pinjaman online atau tidak berdasarkan keputusan Anda.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

tanda mic zoom nyala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *